DISKUSI LINGUISTIK PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UIN SUSKA RIAU

30 November 2020— Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia (PBInd), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan Diskusi Ilmiah Linguistik dengan tema “Membangun Generasi Literasi Linguistik” melalui aplikasi Zoom meeting. Diskusi ini disiarkan live streaming di kanal Youtube Prodi PBInd mulai pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

Diskusi ini hasil kerjasama dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ibu Dra. Murny, M. Pd., selaku pembuka acara menyambut baik kegiatan ini. “Pentingnya mengikuti diskusi ini untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya pada bidang linguistik. Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah menyelenggarakan acara diskusi ilmiah linguistik ini, untuk menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus menyambung tali silaturahmi antar mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia”, pungkasnya.

Kegiatan ini diperuntukan bagi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dengan tujuan untuk penguatan dan pengembangan keilmuan pada bidang linguistik. Bapak Dr. Martius, M.Hum, dosen Pendidikan Bahasa Indonesia UIN SUSKA Riau, bertindak sebagai narasumber.

Selanjutnya pada sesi materi yang disampaikan oleh narasumber yakni bapak Dr. Martius, M.Hum. Alumni S3 Linguistik Universitas Padjajaran ini berbagi pengetahuan mengenai cabang ilmu linguistik diantaranya morfologi dan fonologi. Dalam penjelasannya beliau menyampaikan konsep dasar morfologi lalu dilanjutkan dengan kedudukan dan cakupan morfologi. Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua yakni penjelasan tentang pengertian fonologi dan alat ucap manusia.

“Saya berharap diskusi seperti ini dapat kembali lagi diadakan, karena ada begitu banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat yang dapat kita ambil khususnya dibidang linguistik. Saya mengimbau kepada seluruh mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia untuk lebih mempelajari kajian linguistik ini secara lebih mendalam, sebab kita ini merupakan anak bahasa yang tak akan terlepas atau jauh-jauh dari bahasa” ujar pak Martius.

Seusai pemaparan materi tersebut, diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta. Setelah sesi tanya jawab selesai, peserta memberikan respon terhadap kegiatan ini. “Diskusi ini sangat bagus dan bermanfaat, karena menambah ilmu dan wawasan. Diskusi ini juga mempererat tali silaturahmi antarmahasiswa PBIND”, ujar Rizki Saputra, mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia semester 5.

Diskusi ini diikuti oleh lebih dari 100 mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Indonesia dan mendapatkan respon yang baik dari peserta maupun pemateri. Kerjasama yang baik antara mahasiswa dan dosen, mendukung kesuksesan acara ini.

 

 

   

Reporter/Penulis: Rini Sutianingsih

Editor: Afdhal Kusumanegara

 

About adminpbindoftk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *