PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA BERHASIL MENGADAKAN PKM DI TENGAH PANDEMI

17 Agustus 2020 – Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat “Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Melalui Pembagian Face Shield (Pelindung Wajah) kepada Para Santri MDA Darul Amal Buluh Cina Pekanbaru”. Acara ini langsung ditangani oleh dosen prodi dan dibantu oleh mahasiswa dan staf pada tanggal 08 Agustus 2020. Ide pembagian face shield dilatarbelakangi atas pertimbangan jika para santri tertular virus Corona saat melaksanakan proses kegiatan belajar di sekolah.

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di era new normal. Dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia ikut berpartisipasi dalam pencegahan penularan covid-19 di lingkungan sekolah. Fungsi dari face shield ini untuk mengurangi kontaminasi permukaan respirator sebesar 97%. Kita tahu bahwa virus Covid-19 bisa menyebar dari paparan aerosol dan droplet. Dengan begitu face shield dapat digunakan untuk menjadi lapisan pelindungan tambahan terhadap virus covid-19. Tentu saja penggunaaan lebih maksimal jika dibarengi dengan mengenakan masker wajah, mempraktikan jarak sosial yang aman dan mencuci tangan secara teratur.

“Pelindung wajah ini kami berikan kepada para santri MDA Darul Amal Buluh Cina Pekanbaru, untuk mencegah penularan virus saat para santri berada di sekolah. Sesuai dengan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah apabila kita berada di luar rumah, kita wajib menggunakan masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, penggunaan face shield ini untuk melindungi mata, hidung dan mulut dari kemungkinan paparan aerosol dan droplet yang mengandung virus di udara. Manfaat face shield ini untuk meminimalkan penularan Covid-19 dan mengurangi kebiasaan menyentuh wajah” Ujar Dra. Murny, M.Pd selaku ketua jurusan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Ditengah pandemi yang tengah terjadi saat ini, bantuan masker dan face shield sangat dibutuhkan oleh para santri atau masyarakat pada umumnya, karena penggunaan benda itu dapat mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 “Saya sebagai ustadzah MDA Darul Amal mengucapkan terima kasih atas bantuan face shield yang diberikan oleh dosen Pendidikan Bahasa Indonesia untuk para santri yang ada di MDA kami. face shield ini sangat kami butuhkan agar mereka terhindar dari penularan virus semasa mereka berada di sekolah, dan kami akan menjaga face shield ini agar bisa selalu digunakan sesuai dengan protol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” Nurlailis, S.Ag.

Pembagian face shield ini disambut baik oleh para santri karena berguna bagi mereka untuk mencegah penularan virus saat berada di luar rumah. Ayo! lawan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan face shield sebagai pelindung tambahan agar kita dapat mencegah penularan virus dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di negara Indonesia.

Reporter: Rini Sutianingsih

About adminpbindoftk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *