Strategi Lulus Cepat dan Berkualitas, Penyambutan Hangat Mahasiswa Baru Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FTK UIN SUSKA Riau dalam Kegiatan PBAK 2021-2022

Rabu, 08 September 2021 acara kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, yang disingkat PBAK, berlangsung lancar di tingkat fakultas yang kemudian diikuti siangnya dengan PBAK tingkat program studi. Tim di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia sudah mempersiapkan penyambutan ini dengan maksimal di beberapa hari sebelumnya agar mahasiswa semakin yakin untuk mengepakkan sayapnya di program studi yang baru dibangun pada tahun 2018 ini. 

Acara dibuka dengan sapaan dari moderator Ibu Vera Sardila, M.Pd. yang kemudian diikuti dengan tampilan video profil Prodi yang sekarang tetap dapat disaksikan di kanal YouTube PBIND:

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan pesan dari ketua Program Studi, Pak Dr. Nursalim, M.Pd. Beliau memperkenalkan prodi sekaligus memperkenalkan seluruh staf dan dosen yang berada di lingkungan prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Selain itu Dr. Nursalim juga memberikan strategi ampuh agar mahasiswa dapat mempunyai gambaran bagaimana kehidupan kampus ke depannya dan mengatasi hambatan yang ada demi menjadi lulusan yang berkualitas. Diselingi dengan candaan agar suasana tetap hidup, Pak Nursalim menyajikan informasi yang diharapkan dapat membuat mahasiswa baru bersemangat untuk memulai semester ini.

Sesi tanya jawab berlangsung, yang dengan antusias diterima oleh mahasiswa baru. Pada sesi ini bukan hanya moderator dan bapak ketua prodi saja yang menjawab, Pak Drs. Akmal, M.Pd. selaku sekretaris prodi juga memberikan suaranya dan membantu menjawab pertanyaan para mahasiswa yang penuh rasa penasaran ini.

Waktu berlalu dengan cepat dan tibalah saatnya pengenalan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang dipimpin oleh mahasiswa senior, Ismail. Sebelumnya bu Vera selaku moderator acara utama menyerahkan kursi moderator pada Anisa Istiqomah selaku moderator HMJ. Acara dibuka dengan ditayangkannya video yang merekam prestasi dan bakat mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia sebagai pembakar semangat para mahasiswa baru. Video tersebut juga masih dapat diakses di sini:

Setelah pengenalan struktur HMJ dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh Ormawa ini, acara diikuti dengan penampilan bakat yang diwakili dari pihak mahasiswa baru dan mahasiswa senior. Enam dari perwakilan mahasiswa berbakat ini menunjukkan kebolehan mereka dari menyanyikan lagu, menampilkan syair, dan penghayatan pembacaan puisi. Penampilan yang memukau tersebut sayangnya harus diseleksi lagi untuk memilih 3 penampilan teratas, hal ini menimbulkan keributan di pihak juri dan pengamat, akan tetapi kemudian terpilihlah 3 penampil yang akan diberikan sertifikat penghargaan. Namun hal ini tidak bermakna bakat lain yang ikut tampil kurang baik, penampilan mereka justru menginspirasi tim prodi untuk mengasah bakat mereka semua lebih dalam ke depannya.

Seluruh acara yang juga disiarkan langsung di YouTube dapat diakses di link berikut:

About Hari Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *