SOLIDARITAS MAHASISWA UNTUK PASAMAN BARAT

Gempa bumi Pasaman Barat 2022 adalah gempa bumi berkekuatan 6,1 Mw yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, Indonesia pada 25 Februari 2022 pukul 08:39 WIB. Pusat gempa berlokasi di darat lereng Gunung Talamau pada kedalaman 10 km. Ini merupakan jenis gempa bumi kerak dangkal yang dipicu aktivitas patahan aktif Sesar Semangko, tepatnya pada segmen Talamau yang belum terpetakan. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan mendatar.
Gempa ini mengakibatkan 25 orang tewas dan sedikitnya 465 orang luka-luka. Empat belas korban tewas berasal dari Kabupaten Pasaman, sedangkan sebelas lainnya berasal dari Kabupaten Pasaman Barat. Sedikitnya 16.000 orang mengungsi.
Pada hari ahad-senin tanggal 27-28 februari mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia yang berkolaborasi dengan 14 hmps dari FTK menggelar aksi galang dana untuk membantu saudara saudara di pasaman barat tidak hanya dengan pihak fakultas tapi aksi kai ini di kolaborasikan juga dengan tim human inisiatif.pada hari pertama hmps pbindo mendapat bagian gabung dengan hmps pmt dan Alhamdulillah mendapatkan sekitar 2,800,000 dan pada hari kedua mendapat bagian bergabung dengan hmps tipa Alhamdulillah medapat 1,700,000.
Kemudian setelah terkumpul dana dari seluruh hmps dana tersebut diserahkan ke pihak Human Inisiatif yang akan membantu menyalurkan dana untuk saudara kita di pasaman barat

About HMPS PBINDO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *