MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UIN SUSKA JUARA SE-RIAU

24 Juni 2020–Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau berhasil meraih juara dalam acara Lomba Pidato Berbahasa Indonesia se-Provinsi Riau yang ditaja oleh Balai Bahasa Riau. Dua mahasiswa peraih juara; Alizia Maisila (Juara II) dan Dewi Aisyah Lestari (Juara III).

Lomba ini dimulai pada tanggal 8 April sebagai awal pendaftaran sampai 7 Juni 2020. Dengan mengangkat tema “Bahasa Cermat Sastra Hebat”, pihak Balai Bahasa memberikan 7 judul pidato pilihan kepada seluruh peserta. Setiap peserta wajib memilih 1 dari 7 judul tersebut. Alizia dan Dewi memilih dan membuat naskah pidato dengan judul “Membangun Pendidikan Berkarakter Melalui Kesantunan Berbahasa Indonesia” (Alizia) dan “Peranan Mahasiswa Dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik” (Dewi).

Hasil karya dikumpul paling lambat pada tanggal 7 Juni 2020 dan pengumuman pemenang diumumkan pada tanggal 16 Juni 2020 di Instagram resmi Balai Bahasa Riau (@balaibahasariau). Perlombaan ini menjadi prestisius karena diikuti oleh berbagai perguruan tinggi ternama di Riau.

Pengumuman pemenang lomba pidato Bahasa Indonesia, Balai Bahasa Riau 2020

“Jangan sia-siakan waktu, walaupun kita tetap berada di rumah. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan melalui media sosial. Apalagi pada saat pademi seperti ini banyak sekali lomba online dan itu bisa kita manfaatkan untuk mengisi waktu luang. Jangan jadikan malas sebagai alasan tidak produktif, sebab jika kita terus bermalas-malasan maka kita harus siap menghadapi ketertinggalan untuk melangkah maju.”, pungkas Alizia.

Di tengah pandemi yang sedang kita hadapi sekarang, bukan berarti kita bisa bersantai, justru kita harus tetap memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan mengambil setiap kesempatan yang ada. “Saya mengikuti lomba ini untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri saya. Bagi saya, jika ada kesempatan emas kenapa tidak dicoba, karena kesempatan emas yang kamu cari itu ada pada diri kamu sendiri”. Hal itu kemudian menjadi motivasi bagi Dewi, yang akhirnya mampu meraih juara.

Civitas academica Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan umumnya pada lingkup UIN Sultan Syarif Kasim Riau mendukung dan mengapresiasi mahasiswa yang telah meraih sukses dalam lomba ini. Hal ini juga menjadi pembuktian akademik dan pengembangan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Selamat kepada Alizia dan Dewi. Semoga terus berkarya dan menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya terutama mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia di Riau, khususnya di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Amin.

Penulis/Reporter: Rini Sutianingsih
Editor: Afdhal Kusumanegara

About adminpbindoftk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *