MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UIN SUSKA RIAU MELAKSANAKAN KEGIATAN STUDI TOUR KE SIAK

Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Matahari Timur merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang selesai dibangun pada tahun 1893. Istana Siak berlokasi di Sri Indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Pada tanggal 13 Mei 2023,  Istana Siak ini menjadi pilihan kunjungan bagi  mahasiswa/i Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Angkatan 2022  dalam rangka memenuhi tugas observasi lapangan pada beberapa kolaborasi  mata mata kuliah. 

Mereka memilih berkunjung ke Istana Siak karena Istana Siak adalah tempat yang pas dan relevan dengan tugas mata kuliah mereka. Selain itu Istana Siak merupakan museum tempat menyimpan benda-benda peninggalan Kerajaan Siak. Gaya arsitektur bangunannya tampak menggabungkan gaya Melayu, Arab, dan Eropa. Keunikan dari Istana Siak menjadikan tempat wisata yang mengisyaratkan bahwa objek wisata yang dimaksudkan dengan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Selain mereka ditugaskan untuk melakukan pengamatan secara menyeluruh terhadap koleksi bersejarah dan bangunan Istana Siak, mereka juga melakukan wawancara kepada beberapa narasumber di sekitar Istana Siak untuk membuat laporan hasil pengamatan.  Dengan adanya kegiatan studi tour ini, pastinya mahasiswa/i mendapatkan pengalaman baru, menambah wawasan serta pengetahuan mereka. Kegiatan ini juga akan meningkatkan solidaritas dan kerjasama antar mahasiswa/i serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya. Merasakan nuansa bersejarah, kemegahan dan keindahan yang menyelimuti setiap sudut Istana, menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman yang tidak terlupakan bagi mereka.

About HMPS PBINDO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *